Jalak Putih





Jalak putih merupakan spesies burung jalak endemik Indonesia, memiliki nama ilmiah Acridotheres melanopterus dan di internasional dikenal dengan nama Black-winged starling. Di beberapa daerah di Indonesia, ada juga yang menyebut burung satu ini dengan nama Jalak Pito.

Memiliki tubuh dengan panjang 23cm, dengan bulu kepala, dana, punggung pantat berwarna putih, dan ekor serta bagian sayapnya berwarna hitam mengkilap. Ujung ekor dan sayapnya berwarna putih. Pada sekitar mata…tidak memiliki bulu dan berwarna kuning. Burung jantan maupun betina memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama, itulah kenapa burung jalak putih ini bias dikatana monomorfik.

Habitat alami dari burung jalak putih adalah hutan kering tropis, semak kering tropis, semak basah tropis, dan padang rumput, dari permukaan laut hingga 2.400 meter. Namun baru-baru ini burung jalak putih ini telah menyesuaikan diri dengan habitat yang dimodifikasi oleh manusia dengan baik,seperti kebun, halaman rumput, daerah pinggiran kota dan lahan pertanian lainnya.

Sperti kebanyakan jenis jalak, burung jalak putih ini juga termasuk omnivora.

0 comments:

Post a Comment