Cica Daun Besar




Burung berukuran 18-21cm ini memiliki nama resmi Cica-daun Besar, dalam Bahasa inggris dikenal dengan nama Greater green leafbird.

Memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati dan termasuk ke dalam keluarga Chloropseidae serta masih berkerabat dekan dengan burung cipoh (Aegithina). Di beberapa daerah Indonesia sendiri burung ini juga dikenal dengan nama Cucak Hijau atau Cucak Ijo.

Cica-daun Besar adalah jenis burung kicau dengan keseluruhan tubuh berwarna hijau terang, termasuk ekor dan sayapnya. Untuk burung jantan, pipi dan tenggorokan berwarna hitam, sedangkan pada burung betina, tenggorokan dan lingkar mata berwarna kuning.

Habitat asli burung Cica-daun besar ini adalah hutan bakau, hutan primer, hutan sekunder dan umunya hidup di puncak pohon yang tinggi.

Cica-daun Besar banyak ditemukan hidup sendirian, berpasangan atau dalam kelompok campuran dan berkembang biak secara soliter.

Banyak ditemukan di Asia Tenggara dari Burma selatan dan Thailand ke Semenanjung Malaysia, Singapura, Sumatra, Kalimantan (termasuk beberapa pulau kecil yang berdekatan) dan Jawa.

Memiliki kicauan yang merdu, membuat burung ini banyak diburu oleh para kicau mania di Indonesia. Saat berkicau, burung ini sering menundukkan kepala dengan ciri khasnya sendiri.

0 comments:

Post a Comment